Image of Mukjizat Para Nabi: Nabi Yunus, Nabi Zakaria, Nabi Yahya, Nabi Isa, Nabi Muhammad

Text

Mukjizat Para Nabi: Nabi Yunus, Nabi Zakaria, Nabi Yahya, Nabi Isa, Nabi Muhammad



Mukjizat terdiri dari beberapa macam yang memang penting untuk dipahami bagi kaum Muslimin. Sebaiknya kaum muslimin mengetahui macam-macam mukjizat serta diturunkan kepada Nabi siapa.

Setiap kaum Muslimin wajib mempercayai adanya Mukjizat yang dimiliki oleh Nabi dan Rasul. Hal ini karena mukjizat merupakan kekuasaan yang memang telah dikehendaki oleh Allah.

Kata mukjizat sendiri adalah turunan dari kata “al-Ajz” yang artinya tidak mampu untuk melakukan sesuatu. Sementara secara istilah syar’i, mukjizat adalah kejadian luar biasa yang Allah berikan kepada para nabi-Nya sebagai bukti status kenabian mereka.

Bagi para umat Islam, mempercayai adanya Mukjizat hukumnya adalah wajib, karena mukjizat hanya dimiliki oleh Nabi dan Rasul. Lantaran mukjizat dari kekuasaan yang telah dikehendaki oleh Allah SWT. Bahkan Rasul juga tak mempunyai hak untuk menunjukkan mukjizat tanpa izin dari Allah SWT.

Rasul merupakan manusia biasa, lengkap dengan sifat-sifatnya. Hanya saja, dia adalah orang yang terbaik di antara mereka. Seorang nabi tidak mungkin mendatangkan suatu mukjizat menurut kehendaknya atau kehendak kaumnya.

Tetapi, yang mendatangkannya adalah Allah, dan Dialah yang mengizinkan nabi untuk mendatangkan mukjizat itu. Atas dasar itu setiap generasi mempunyai ketentuan dan mukjizat dari Allah yang sesuai dengan keadaan mereka.

Perlu kita ketahui bahwa mujizat terbagi menjadi 4 macam. Yaitu : Mukjizat Syahsiyah, Mukjizat Aqliyyah, Mukjizat Kauniyah, Mukjizat Salbiah.


Availability

LSBA00145JKT297.63 Ach mLSBA-JAKARTA (C)Available

Detail Information

Series Title
-
Call Number
297.63 Ach m
Publisher Gramedia Widiasarana Indonesia : Jakarta.,
Collation
21x21 cm; 12 hlm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786020524245
Classification
297.63
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this